RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia
Jl. Jenderal Soedirman No. 27 Makassar
RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia

6 Gejala Asam Urat di Tulang Belakang dan Penyebabnya

Asam urat tinggi bisa menyebabkan endapan kristal asam urat di berbagai persendian, termasuk tulang belakang. Seseorang yang mengalami serangan asam urat di tulang belakang dapat merasakan nyeri punggung dan kram yang menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk mengetahui macam-macam gejala asam urat di tulang belakang dan penyebabnya, simak penjelasan berikut.

Apa gejala asam urat di tulang belakang?

Serangan asam urat paling sering terjadi pada bagian tubuh bawah, seperti ujung jempol kaki, tumit, pergelangan kaki, dan lutut. Akan tetapi, gout juga dapat menyerang persendian lain, termasuk tulang belakang.

Menurut sebuah penelitian pada 2021, asam urat tulang belakang dsering kali tidak terdiagnosis karena kurangnya kesadaran sebagian orang terhadap kondisi tersebut.

Dilansir dari Medical News Today, serangan asam urat di tulang belakang biasanya terjadi akibat penumpukan uric acid pada tulang punggung bagian bawah atau lumbar. Padahal, tulang punggung bagian bawah berperan dalam memberikan stabilitas bagi punggung dan tulang belakang untuk bergerak. Endapan kristal asam urat tersebut bisa mengurangi stabilitas dan fleksibilitas punggung dan menyebabkan beberapa kondisi yang menyakitkan.

Berikut beberapa gejala asam urat di tulang belakang:

Punggung terasa sakit atau nyeri Sakit leher Kelemahan pada punggung Mati rasa Hilangnya kontrol kandung kemih atau usus Berkurangnya sensasi pada punggung, kaki, dan bokong. Jika Anda merasakan gejala asam urat tulang belakang seperti yang disebutkan di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter dan melakukan perawatan sesuai yang dianjurkan.

Apa penyebab asam urat tulang belakang?

Seperti pada persendian lainnya, penyebab asam urat di tulang belakang adalah tingginya kadar asam urat di dalam darah. Peningkatan kadar asam urat bisa dipicu karena konsumsi makanan tinggi purin, seperti jeroan, seafood, daging merah, makanan manis, dan minuman beralkohol.

Selain itu, ada beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan asam urat tulang belakang, antara lain:

  1. Berjenis kelamin laki-laki
  2. Mengalami obesitas atau memiliki berat badan yang berlebih.
  3. Menderita gagal jantung
  4. Mengalami resistensi insulin akibat gula darah tinggi
  5. Akibat ginjal tidak berfungsi dengan baik
  6. Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti diuretik.

Setelah menyimak gejala asam urat tulang di belakang dan penyebabnya, Anda dapat mengenali penyakit ini lebih dini. Asam urat tulang belakang bisa menyebabkan stenosis spinal atau penyempitan di ruas tulang belakang yang menyebabkan masalah keseimbangan, mati rasa, dan inkontinesia. Karena itu, jika Anda merasakan ciri-ciri asam urat tulang belakang, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Sumber kompas.com

guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
2024
Skip to content