RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia
Jl. Jenderal Soedirman No. 27 Makassar
RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia

Buah dikenal dengan rasanya yang manis dan menyegarkan. Namun, bukan berarti penderita kencing manis tak boleh memakan buah.
Faktanya, ada beberapa buah rendah gula yang cocok untuk penderita kencing manis. Apa saja?

Kencing manis sendiri merupakan istilah populer untuk penyakit diabetes. Nama terakhir merupakan kondisi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Orang dengan diabetes biasanya diharuskan untuk menghindari asupan makanan dan minuman manis atau yang tinggi gula. Bagaimana dengan buah?

Pada dasarnya, penderita diabetes boleh-boleh saja mengonsumsi buah. Toh, buah juga dikenal kaya dengan berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
Namun memang, beberapa buah dikenal tinggi gula. Buah-buah jenis itu-lah yang harus dihindari penderita kencing manis.

Buah rendah gula untuk penderita kencing manis
Sebaliknya, beberapa buah juga memiliki kadar gula yang rendah. Apa saja?
Berikut daftar buah rendah gula untuk penderita kencing manis, merangkum berbagai sumber.

1. Stroberi
Stroberi boleh jadi memiliki rasa yang manis. Namun ternyata, mengutip Healthline, kandungan gula dalam stroberi justru cenderung rendah. Dalam 100 gram stroberi terkandung sekitar 7 gram gula. Selain itu, stroberi juga kaya akan vitamin C yang dibutuhkan untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat.

2. Kiwi
Sama seperti stroberi, kiwi juga kaya akan vitamin C. Artinya, buah ini juga cocok untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Selain itu, kiwi juga rendah gula. Setiap buah kiri mengandung sekitar 6,7 gram gula.

3. Semangka
Semangka adalah buah yang sangat menyegarkan. Meski rasanya manis, tapi buah satu ini rendah gula. Dalam 150 gram buah semangka potong biasanya hanya terkandung 10 gram gula. Bonus lain dari semangka adalah buahnya yang kaya kandungan air, vitamin A, dan vitamin C.

4. Alpukat
Alpukat jadi salah satu buah favorit banyak orang. Buah ini juga memiliki rasa yang tidak terlalu manis. Secara alami, buah ini rendah gula. Satu buah alpukat mentah bahkan hanya mengandung sekitar 1 gram gula. Selain itu, alpukat juga kaya akan lemak sehat yang penting buat kesehatan.

5. Blewah
Blewah mengandung vitamin A yang tinggi. Buah ini juga rendah gula. Dalam setiap 170 gram blewah biasanya hanya terkandung kurang dari 13 gram gula.

6. Persik
Persik menyegarkan bisa jadi buah pilihan untuk penderita diabetes. Buah ini rendah karbohidrat. Satu buah persik berukuran sedang hanya mengandung sekitar 59 kalori dan 14 gram karbohidrat. Selain itu, buah satu ini juga memiliki kandungan vitamin C dan potasium yang baik.

7. Apel
Konon, satu buah apel bisa membantu Anda terhindar dari sakit. Anggapan ini tampaknya benar. Mengutip Everyday Health, apel berukuran sedang adalah pilihan buah yang bagus. Satu buah apel hanya mengandung sekitar 95 kalori dan 25 gram karbohidrat. Selain itu, apel juga kaya akan serat dan vitamin C.

8. Jeruk
Buah jeruk dikenal kaya akan vitamin C. Selain itu, buah jeruk juga rendah karbohidrat dan kalori. Satu buah jeruk berukuran sedang mengandung sekitar 16 gram karbohidrat dan 65 kalori. Selain itu, buah jeruk juga mengandung potasium yang bisa membantu mengontrol tekanan darah.

9. Pir
Buah rendah gula untuk penderita kencing manis lainnya adalah pir. Satu buah pir hanya mengandung sekitar 5,5 gram gula. Selain rendah gula, pir juga merupakan sumber serat yang baik.

Sumber: CNN Indonesia 

guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
2024
Skip to content