Benarkah Minum Jus Apel Mampu Atasi Batu Empedu?

 Penyakit batu empedu atau yang dikenal juga dengan cholelithiasis merupakan salah satu kondisi dimana terbentuk batu dalam kantung empedu. Kantung empedu adalah organ kecil yang berada di bawah hati dan berfungsi untuk memproduksi cairan empedu yang berperan dalam proses pencernaan. Munculnya batu empedu dapat menyebabkan munculnya nyeri secara tiba-tiba pada bagian perut kanan atas.

Batu empedu sendiri terjadi akibat endapan kolesterol pada kantung empedu. Kondisi batu empedu yang telah menyebabkan gejala cukup parah tentunya membutuhkan penanganan secara medis pada rumah sakit. Namun, batu empedu yang masih tergolong kecil dan ringan ternyata tidak membutuhkan penanganan di rumah sakit. Lalu, benarkah dengan mengonsumsi jus apel dapat membantu menghilangkan batu empedu? Berikut ulasannya.

Jus Apel dan Batu Empedu

Hingga saat ini penyebab dari batu empedu belum diketahui secara pasti. Namun, melansir dari Mayo Clinic, ada beberapa kondisi yang dapat tingkatkan risiko batu empedu, seperti kantung empedu mengandung kolesterol yang cukup tinggi, kandungan bilirubin yang cukup tinggi pada kantung empedu, hingga kantung empedu yang tidak dikosongkan secara optimal. 

Kandungan kolesterol dan bilirubin yang mengendap pada kantung empedu dapat menjadi serpihan kristal dan membentuk batu empedu. Tidak hanya satu, beberapa pengidap batu empedu pernah memiliki lebih dari satu batu empedu dalam satu kantung empedu.

Diperlukan pemeriksaan abdominal ultrasound, endoscopic ultrasound, dan juga pemeriksaan darah untuk memastikan kondisi batu empedu yang dimiliki. Rasa nyeri yang muncul akibat batu empedu perlu diatasi dengan melakukan beberapa pengobatan melalui medis, seperti:

1.Tindakan Operasi untuk Mengangkat Kantung Empedu

Pengangkatan kantung empedu akan disarankan bagi pengidap batu empedu yang mengalami gejala sudah cukup parah dan kambuhan. Jangan khawatir, pengangkatan kantung empedu tidak akan memengaruhi kehidupan maupun pencernaan kamu. 

2.Obat untuk Melarutkan Batu Empedu

Obat ini akan dikonsumsi secara oral dalam waktu yang cukup lama untuk melarutkan batu empedu. Butuh waktu yang cukup lama hingga batu empedu benar-benar larut. Tidak hanya itu, jika pengobatan ini dihentikan akan meningkatkan risiko batu empedu kembali muncul.

Sedangkan untuk batu empedu yang ringan dan tidak menimbulkan gejala, dokter tidak menyarankan untuk melakukan pengobatan. Lalu, bolehkah mengonsumsi jus apel untuk mengatasi batu empedu yang terbilang ringan?

Sebagian orang memang percaya bahwa campuran jus apel dan cuka apel dapat digunakan untuk mengatasi batu empedu, tetapi hingga saat ini belum ada penelitian secara medis yang mengatakan jus apel mampu mengatasi kondisi batu empedu.

Inilah Gejala Batu Empedu

Batu empedu yang masih kecil dan tergolong ringan jarang menimbulkan gejala pada pengidapnya. Namun, jika saluran empedu tersumbat, maka ada beberapa gejala yang akan dialami oleh pengidap, seperti nyeri pada perut yang akan terasa pada bagian tengah perut atau bagian perut kanan atas. Nyeri akan terasa sangat konsisten dan kerap muncul setelah kamu mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi.

Selain itu, kondisi batu empedu yang sudah terbilang cukup parah akan menyebabkan gejala lanjutan, seperti demam, nyeri yang cukup parah, munculnya gejala penyakit kuning, kulit yang terasa gatal, diare, dan kehilangan nafsu makan.

Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat. Batu empedu yang tidak diatasi dengan tepat dapat tingkatkan risiko komplikasi pada kesehatan, seperti peradangan kantung empedu, infeksi pada saluran empedu, penyakit kuning, hingga kanker kantung empedu.

Bagikan

0Shares
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X