Covid-19

PASIEN COVID-19 RSAD TK.II PELAMONIA

Update:Minggu, 29 Maret 2020 10:20 WITA


8

ODP

9

PDP

0

Positif

0

Sehat

Keterangan :

Orang dalam Pemantauan (ODP): orang dengan gejala demam (>38c) atau ada riwayat demam atau ISPA TANPA Pneumonia DAN memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala.

Pasian dalam pengawasan (PDP): orang yang mengalami gejala demam (>38c) / riwayat demam, ISPA DAN Pneumonia ringan hingga berat serta memiliki riwayat perjalanan ke negara terjangkit atau kontak dengan orang terkonfirmasi pasitif COVID-19 dalam 14 hari terakhir.

PETA PERSEBARAN COVID-19
DI INDONESIA

PERTANYAAN YANG PALING SERING DITANYAKAN

Penyakit Coronavirus 2019 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu jenis Coronavirus. Penyakit ini mengakibatkan pandemi Coronavirus 2019–2020. Penderita COVID-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernapas. Sakit tenggorokan, pilek, atau bersin-bersin lebih jarang ditemukan. Pada penderita yang paling rentan, penyakit ini dapat berujung pada pneumonia dan kegagalan multiorgan serta menyebabkan kematian.

Sumber: Wikipedia

Dokter dan ilmuwan hingga kini masih berusaha memahami gambaran lengkap virus tersebut. Gejala yang paling umum ditemukan:

  1. Demam
  2. Batuk
  3. Sesak napas berat
  4. Sakit kepala

Pasien Covid-19 lainnya melaporkan:

  1. Sakit tenggorokan
  2. Pilek
  3. Muntah-muntah

Sumber: World Health Organization, Red Cross International, Kementerian Kesehatan
Via: CNN Indonesia

  1. Tetap di rumah jika kondisi badan tidak fit agar tidak menulari orang lain.
  2. Gunakan masker dan jaga etika bersin/batuk.
  3. Hubungi NTPD 112 atau hotline Dinkes Kota Makassar: 0852 5587 5751, 0813 4272 0062, 0811 468 894
  4. Ceritakan lengkap kondisi fisik dan riwayat perjalanan.
  5. Pihak berwenang akan mengarahkan Anda pada rumah sakit dan tindakan yang tepat.

Sumber: World Health Organization, Red Cross International, Kementerian Kesehatan
Via: CNN Indonesia

Jika gejala yang dialami menyerupai gejala Covid-19 pada umumnya, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke Dokter di puskesmas atau faskes terdekat sesuai BPJS Kesehatan. Dokter tersebut yang akan memutuskan apakah Anda terjangkit Covid-19 untuk dirujuk ke Rumah Sakit Rujukan Pemerintah yang menangani Covid-19.

Tidak. Gejala yang dialami penderita Covid-19 berbeda-beda tergantung kondisi daya tahan tubuh. Bisa jadi hanya satu, beberapa, atau semua gejala.

Untuk pemeriksaan Covid-19, warga yang merasakan gejalanya bisa konsultasi ke dokter di Puskesmas atau faskses terdekat sesuai BPJS Kesehatan untuk diperiksa. Dokter tersebut yang akan memutuskan apakah Anda terjangkit Corona atau tidak sebelum dirujuk ke Rumah Sakit Rujukan Pemerintah yang menangani Covid-19. Dengan demikian, pemeriksaan tersebut tidak dipungut biaya.

WHO menyatakan tidak akan mengeluarkan imbauan bepergian karena merupakan kewenangan masing-masing negara. Anda yang bepergian ke luar negeri diimbau memantau status negara tujuan di aplikasi Safe Travel.

Bagi lansia, penderita penyakit kronis, atau yang sedang tidak fit, hindari bepergian ke daerah terdampak.

Sumber: World Health Organization, Red Cross International, Kementerian Kesehatan
Via: CNN Indonesia