Kutu Air Membandel, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Jakarta – Kebersihan kaki harus selalu dijaga agar terhindar dari berbagai masalah, terutama pada kulit. Salah satu gangguan yang dapat terjadi karena hal tersebut adalah kutu air. Meski tidak menimbulkan gangguan yang serius, kutu air harus segera diatasi agar tidak semakin parah dan menular kepada orang lain. Berikut beberapa cara yang mudah dilakukan untuk atasi kutu air!

Cara Atasi Kutu Air yang Efektif

Kutu air, atau tinea pedis, adalah gangguan yang disebabkan oleh infeksi jamur dan umumnya awal terjadi pada sela-sela jari kaki. Gangguan ini biasanya terjadi pada seseorang yang kakinya sangat berkeringat karena terkurung saat menggunakan sepatu yang ketat. Sehingga, pertumbuhan jamur dapat terjadi dengan risiko yang lebih tinggi jika kaki tidak bersih.

Seseorang yang mengalaminya dapat merasakan ruam pada kulit hingga kemerahan, bersisik, gatal, menyengat, hingga terbakar. Selain penggunaan sepatu dan kebersihan, kamu juga dapat mengalami kutu air saat bersentuhan dengan lantai, handuk, atau pakaian yang telah terkontaminasi. Kamu harus tahu cara yang ampuh untuk atasi kutu air agar tidak menyebar ke area kulit lainnya. Berikut beberapa caranya:

1. Tea Tree Oil

Salah satu bahan yang dapat kamu gunakan untuk atasi kutu air adalah tea tree oil. Minyak ini memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang baik untuk mengatasi pertumbuhan jamur penyebab infeksi. Dengan mengoleskan tea tree oil setiap hari dapat mengatasi gejala tinea pedis dan membunuh jamur yang berada di jari-jari kaki dalam beberapa minggu. Kamu cukup mengoleskan cairan tersebut ke daerah yang terserang sebanyak dua kali sehari.

2. Bawang Putih

Penggunaan bawang putih juga dapat efektif untuk atasi kutu air yang menyerang. Sayuran ini dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan topikal yang efektif untuk mengatasi tinea pedis. Cara memanfaatkan bawang putih untuk mengatasi kutu air terbilang mudah. Kamu hanya perlu menghancurkan empat hingga lima siung bawang putih. Lalu, gosokkan pada bagian yang terserang infeksi bakteri dan lakukan hal ini dua kali dalam sehari.

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan terkait kutu air dan cara mengatasinya yang efektif dan mudah dilakukan, dokter dari Halodoc dapat memberikan jawaban. Caranya mudah, cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu dapat menikmati fitur Chat atau Voice/Video Call untuk berinteraksi langsung dengan dokter ahli!

3. Mengusap Alkohol

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi kutu air adalah dengan menggunakan alkohol pada area yang terserang. Selain membersihkan luka, alkohol juga dapat dimanfaatkan untuk membunuh jamur yang berada di permukaan kulit. Kamu dapat menerapkannya langsung pada area yang terkena atau merendam kaki yang terdiri dari 70 persen alkohol dan 30 persen air selama 30 menit. Setelah itu, pastikan untuk mengeringkan kaki dengan benar.

4. Garam Laut

Kamu juga dapat menggunakan garam laut untuk menghilangkan infeksi bakteri pada jari-jari kaki. Garam laut memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang kuat. Sehingga, kandungan tersebut sangat baik untuk mengatasi kutu air dan segala dampak buruk yang dapat terjadi. Cara menggunakannya yang paling mudah adalah melarutkan secangkir garam laut ke dalam rendaman kaki dengan air hangat. Rendam kurang lebih selama 20 menit dan keringkan setelahnya.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kutu air yang menyerang kaki. Dengan mengetahui beberapa cara yang mudah dilakukan, diharapkan kamu tidak menunda-nunda penanganannya. Dengan begitu, penyebaran infeksi hingga dampak yang lebih buruk dapat dicegah dari awal.

sumber : https://www.halodoc.com/

Bagikan

0Shares
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X