Layanan diagnostik

KABAR BAIK.

Telah hadir CT Scan Canon Aquillion One Genesis dengan 640 Slice yang merupakan CT Scan tercanggih dan terbaru di Makassar bahkan di Indonesia Timur.

Dengan Keunggulan CT scan terbaru dapat memberikan gambaran arteri coronary, struktur jaringan yang sangat tajam, kualitas yang tinggi, radiasi yang rendah dengan waktu scanner sesingkat mungkin dan sangat aman untuk pasien

ESWL (Extracorporeal Shock – Wave Lithotripsy) adalah terapi penghancuran atau pemecahan batu ginjal atau batu saluran kemih (ureter) tanpa pembedahan (operasi) dengan menggunakan gelombang kejut sehingga menjadi pecahan halus seperti pasir yang dapat keluar bersamaan air seni.

Echocardiografi (USG jantung) adalah metode pemeriksaan yang menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk menangkap gambaran struktur organ jantung. Echocardiografi biasanya dibantu dengan teknologi Doppler yang dapat mengukur kecepatan dan arah aliran darah.

Echocardiography adalah pemeriksaan untuk mengetahui fungsi, anatomi dan kemampuan jantung melalui gelombang suara yang dikonversi menjadi informasi digital yang kemudian dinilai

Pemeriksaan ini aman bagi pasien kelainan jantung bawaan pada bayi atau dewasa untuk mencari kelainan pada jantung. Echocardiography  juga digunakan untuk mengevaluasi pengobatan dan melihat perbaikan kondisi pasien

Ultrasonography (USG) merupakan prosedur pemeriksaan yang bisa dikategorikan aman untuk ibu hamil dikarenakan tidak menggunakan radiasi melainkan menggunakan gelombang suara dalam mengambil gambaran organ tubuh. Pemeriksaan ini digunakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari memeriksa kondisi janin, mendeteksi penyakit, sampai membantu dokter dalam tindakan bedah atau pengambilan sampel jaringan (biopsi).

 ECT (Electro Confulsive Terapy) adalah tindakan dengan menggunakan aliran listrik dan menimbulkan kejang pada penderita baik tonik maupun klonik (Sujono, 2009). Sedangkan menurut Tomb (2004) Electro Convulsive Therapy adalah sah meskipun keburukan ECT tidak dapat dibenarkan. Walaupun mekanisme terapi lain atau pada keadaan yang tidak diobati: 0,01 – 0,03% dari pasien yang diterapi, terbanyak akibat serangan jantung. Terapi elektrokonvulsif menginduksi kejang grand mal secara buatan dengan mengalirkan arus listrik melalui elektroda yang dipasang pada satu atau kedua pelipis (Stuart, 2007). Dan menurut Townsend (1998) Terapi elektrokonvulsif (ECT) merupakan suatu jenis pengobatan somatik dimana arus listrik digunakan pada otak melalui elektroda yang ditempatkan pada pelipis. Arus tersebut cukup untuk menimbulkan kejang gran mal, yang darinya diharapkan efek yang terapeutik tercapai. ECT adalah suatu tindakan terapi dengan menggunakan aliran listrik dan menimbulkan kejang pada penderita baik tonik maupun klonik yaitu bentuk terapi

Bronchoscopy adalah prosedur kesehatan yang dilakukan dengan memasukkan alat bernama bronkoskop melalui tenggorokan, laring, trakea ke dalam bronkus untuk melihat bagian toraks (dada). Tindakan ini dapat dilakukan untuk mendiagnosis dan mengobati suatu penyakit serta mengambil sampel jaringan atau mukus melalui tindakan yang disebut biopsi.

Pemeriksaan treadmill merupakan pemeriksaan yang dilakukan guna melihat kinerja jantung selama seseorang melakukan aktivitas fisik. Pemeriksaan ini disebut sebagai pemeriksaan treadmill karena menggunakan alat treadmill dalam praktiknya. Dalam pemeriksaan ini, irama jantung, tekanan darah, dan pernapasan akan dipantau.

C-Arm adalah salah satu alat radiologi yang digunakan untuk melihat gambar atau obyek dari pasien yang dapat dilihat langsung dengan cara fluoroscopy dengan bantuan layar monitor. C-Arm merupakan alat radiologi yang menghasilkan X-Ray dengan fluoroscopy dan pancaran radiasi yang kecil, oleh karena itu operator yang menggunakan alat ini harus menggunakan alat pelindung atau Appron yang dilapisi dengan Pb (timbal) dengan ketebalan 22 mm.

Tindakan Endoskopi adalah terapi khusus untuk mengatasi masalah pencernaan, baik diagnostik serta terapeutik, yang didukung oleh Dokter Konsultan Gastro Entero Hepatologi (KGEH) terpercaya yang ahli di bidangnya. Endoskopi adalah teknik pelayanan canggih untuk memeriksa saluran cerna secara visual dengan cara melihat langsung pada layar monitor untuk mendeteksi berbagai kelainan pada saluran cerna atas (mulut, esofagus, lambung, dan usus halus 12 jari) serta saluran cerna bawah (anus, colon, dan usus besar).

Dengan ini, pasien dapat dilakukan tindakan langsung seperti pengambilan jaringan atau biopsi pada bagian yang sakit (tumor, polip, atau kelainan yang dicurigai) sehingga pengobatan dapat lebih cepat. Saat ini, Primaya Hospital menggunakan layanan endoskopi yang dapat menghasilkan diagnostik yang canggih, mudah, dan cepat.

Cath lab/ angiography adalah tindakan/prosedur diagnostik invasif menggunakan sinar x (x-ray) untuk menggambarkan pembuluh darah di berbagai tubuh termasuk jantung,otak dan ginjal untuk melihat apakah ada penyakit,penyempitan,pelebaran atau penyumbatan pada pembuluh darah. Kegunaan dari cath lab & angiography :

  1. Mendeteksi penyakit artherosclerosis pada arteri carotis di leher, yang mengganggu aliran darah ke otak dan bahkan dapat menyebabkan stroke.
  2. Mengidentifikasikan anerysma intractranial atau kelainan lain pada pembuluh darah di otak.
  3. Mengevaluasi penyakit di pembuluh darah ginjal atau membantu mempersiapkan transplantasi ginjal
  4. Mengidentifikasi sumber pendarahan seperti pada dinding usus

Jika ada Keluhan Anda

X