RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia
Jl. Jenderal Soedirman No. 27 Makassar
RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia

Mengenal teknologi CATH-LAB Pelamonia

CATH-LAB, singkatan dari “catheterization laboratory,” adalah fasilitas di rumah sakit atau pusat medis yang digunakan untuk mendiagnosis dan merawat masalah kardiovaskular, terutama penyakit jantung dan pembuluh darah. Teknologi CATH-LAB sangat penting dalam bidang kedokteran kardiovaskular dan telah mengalami perkembangan pesat seiring berjalannya waktu. Berikut adalah beberapa informasi mengenai teknologi CATH-LAB:

  1. Peralatan Kardiovaskular: CATH-LAB dilengkapi dengan berbagai peralatan kardiovaskular canggih, termasuk monitor jantung, peralatan pemantauan tekanan darah, dan alat-alat imaging khusus seperti fluoroskopi dan perangkat ultrasound. Peralatan ini membantu dokter dalam mendiagnosis dan merawat masalah jantung dan pembuluh darah.
  2. Angiografi: Salah satu teknologi utama di CATH-LAB adalah angiografi, yang menggunakan kontras dan sinar-X untuk menghasilkan gambaran visual dari pembuluh darah di dalam tubuh pasien. Ini membantu dokter dalam mengidentifikasi penyumbatan, aneurisma, atau masalah lainnya dalam pembuluh darah.
  3. Kateterisasi: Kateterisasi jantung adalah prosedur di mana kateter (selang tipis) dimasukkan melalui pembuluh darah menuju jantung. Ini digunakan untuk mendiagnosis dan merawat berbagai kondisi jantung, seperti penyumbatan arteri koroner atau masalah katup jantung.
  4. Pemasangan Stent: CATH-LAB juga digunakan untuk pemasangan stent, yaitu perangkat berbentuk tabung yang ditempatkan dalam arteri untuk membuka penyumbatan dan memungkinkan aliran darah yang lancar. Pemasangan stent adalah salah satu prosedur yang umum dilakukan di CATH-LAB.
  5. Elektrofisiologi: CATH-LAB sering digunakan untuk mendiagnosis dan merawat gangguan irama jantung, seperti fibrilasi atrium. Dokter dapat menggunakan elektrofisiologi untuk memahami aktivitas listrik jantung dan merancang perawatan yang sesuai.
  6. Perawatan Darurat: CATH-LAB juga dilengkapi untuk menangani kasus darurat, seperti serangan jantung akut. Segera setelah diagnosis dilakukan, tindakan seperti angioplasti koroner darurat atau pemasangan stent dapat dilakukan untuk mengembalikan aliran darah ke jantung.
  7. Kontrol Radiasi: Karena sinar-X digunakan secara intensif di CATH-LAB, peralatan pelindung radiasi dan teknik pengendalian dosis radiasi sangat penting untuk melindungi pasien dan tim medis dari paparan berlebihan.

Penggunaan teknologi CATH-LAB telah mengubah cara masalah jantung dan pembuluh darah diidentifikasi, didiagnosis, dan dirawat. Ini memungkinkan prosedur-prosedur yang lebih tepat dan minimally invasive, mengurangi risiko, waktu pemulihan, dan dampak yang terkait dengan operasi terbuka. Teknologi ini terus berkembang, dengan peningkatan dalam kualitas gambaran dan peralatan yang lebih maju untuk mendukung diagnosis dan perawatan yang lebih baik bagi pasien dengan masalah kardiovaskular.

guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
2024
Skip to content