Pentingnya Makanan Berserat Tinggi saat Program Hamil

 Saat melakukan program hamil, setiap pasangan diwajibkan untuk memperhatikan segala makanan yang dikonsumsi. Asupan karbohidrat, protein, serta lemak benar-benar harus diukur per harinya. Namun, terkadang ibu hamil lupa terhadap konsumsi makanan serat tinggi, padahal manfaatnya sangat penting sebelum atau bahkan saat sudah hamil. Untuk mengetahui pentingnya konsumsi makanan berserat, baca ulasan berikut ini!

Manfaat Konsumsi Makanan Serat Tinggi saat Menjalankan Program Hamil

Serat merupakan bagian penting dari pola makan sehat dan seimbang yang utamanya dilakukan oleh ibu hamil. Faktanya, tidak sedikit wanita yang sedang mengandung tidak mendapatkan cukup serat pada makanan yang dikonsumsi. Serat adalah senyawa yang dapat membuat seseorang merasa kenyang tanpa menambah kalori berlebih ke tubuh. Saat serat yang dibutuhkan tubuh tercukupi, sistem pencernaan dapat lebih sehat dan pembuangan limbah berjalan dengan baik.

Wanita hamil membutuhkan makanan tinggi serat karena harus mencukupi sekitar 25 hingga 30 gram per harinya. Memang terdengar terlalu banyak, padahal angka tersebut terbilang mudah untuk dicapai dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan menghindari terlalu banyak konsumsi karbohidrat yang diproses secara berlebihan. Maka dari itu, ibu perlu melakukan penyesuaian secara perlahan agar tubuh terbiasa.

Hal yang perlu diketahui adalah apa saja manfaat yang dapat diberikan oleh makanan serat tinggi saat menjalani program hamil? Berikut ini pembahasannya:

1. Menghindari Sembelit

Salah satu manfaat dari konsumsi serat secara rutin pada ibu hamil adalah menghindari sembelit yang terbilang rentan terjadi ketika mengandung. Gangguan ini sering terjadi pada bulan kedua atau ketiga kehamilan dan mungkin saja berlangsung, hingga bayi dilahirkan. Serat dapat menambah tumpukan pada kotoran yang akan dikeluarkan sehingga lebih mudah untuk melewati sistem pencernaan.

2. Menyehatkan Tubuh

Dengan mengonsumsi lebih banyak makanan serat tinggi, kamu dapat membuat perut terasa lebih baik karena sistem pencernaan lebih sehat. Bukan hanya itu, mencukupi kebutuhan serat saat melakukan program hamil juga dapat menurunkan tekanan darah yang mampu menghindari risiko terjadinya preeklamsia. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat mengatur gula darah yang dapat melindungi tubuh dari diabetes gestasional.

3. Lebih Cepat Kenyang

Makanan dengan serat tinggi padat akan nutrisi yang dapat membantu tubuh agar lebih cepat kenyang tanpa perlu mengonsumsi banyak kalori berlebih. Hal ini dapat dilakukan oleh semua orang, bukan hanya pada wanita yang sedang melakukan program hamil. Dengan melakukan rutinitas ini, diharapkan tubuh dapat menjadi lebih sehat dan pertumbuhan janin normal hingga waktunya persalinan.

Beberapa contoh makanan yang mengandung serat tinggi dan cocok untuk dikonsumsi setiap hari adalah sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan sereal, serta kacang-kacangan. Kamu dapat mencampur buah dengan sereal saat sarapan agar rasanya lebih nikmat saat disantap. Selain itu, konsumsi cairan yang cukup juga perlu dilakukan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menghindari sembelit.

Itulah beberapa manfaat dari konsumsi makanan tinggi serat pada wanita yang sedang menjalani program hamil. Dengan melakukan kebiasaan yang baik ini, ibu sudah memberikan yang terbaik untuk janin yang ada di kandungan. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, pastikan juga untuk berolahraga ringan sesuai yang disarankan oleh ahli medis agar memberikan manfaat bukan dampak buruk.

Bagikan

0Shares
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X