Ronan Keating Lakukan Vasektomi, Ini yang Perlu Diketahui

Ronan Keating, mengaku akan menjalani prosedur vasektomi. Alasannya, penyanyi asal Irlandia tersebut tidak mau lagi menambah jumlah anak. Hal itu, katanya, sudah disepakati bersama sang istri. Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan vasektomi dan mengapa pria melakukan hal ini? 

Vasektomi adalah prosedur medis yang berperan sebagai kontrasepsi pada pria. Cara ini dilakukan untuk memutus penyaluran sperma pada air mani. Alhasil, sperma tidak lagi bisa membuahi sel telur wanita dan kehamilan bisa dicegah. Nah biar lebih jelas, simak pembahasan seputar vasektomi dan hal-hal yang perlu diketahui di sini! 

Vasektomi dan Hal-hal yang Perlu Diketahui

Vasektomi biasanya menjadi pilihan saat pasangan suami istri hendak mencegah kehamilan. Ada banyak alasannya, mulai dari enggan menambah anak hingga alasan medis tertentu. Pria yang sudah menjalani vasektomi tidak bisa lagi membuahi sel telur wanita, sehingga tidak ada peluang terjadinya kehamilan. 

Pada prosedur vasektomi, saluran yang membawa sperma dari testis akan dipotong dan diikat. Tujuannya, untuk mencegah sperma keluar bersama air mani saat ejakulasi dalam hubungan intim. Prosedur ini juga disebut dengan istilah sterilisasi atau kontrasepsi permanen pada pria. Tertarik atau ada rencana melakukannya? Cari tahu dulu faktanya di sini! 

  • Dilakukan melalui Operasi 

Prosedur vasektomi dilakukan melalui bedah minor. Sebelum tindakan dilakukan, pria yang akan menjalani vasektomi akan diberi anestesi lokal, sehingga masih berada dalam keadaan terjaga. Pembiusan diberikan pada area skrotum dan testis saja. 

  • Persiapan Vasektomi 

Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum menjalani vasektomi, salah satunya berhenti mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat pengencer darah. Hal ini harus dilakukan setidaknya 7 hari sebelum prosedur vasektomi. Pasalnya, obat-obatan ini bisa meningkatkan risiko perdarahan saat operasi vasektomi dilakukan. 

Kamu juga akan diminta untuk membersihkan dan mencukur rambut di sekitar kelamin. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi pada vasektomi. Sebelum operasi juga disarankan untuk mengonsumsi makanan berat. Sebagai gantinya, kamu bisa makan camilan sehat. 

  • Saat Vasektomi 

Selain persiapan mandiri sebelum vasektomi, ada juga beberapa persiapan yang dilakukan dokter sebelum melakukan tindakan. Persiapan medis yang dilakukan termasuk membersihkan testis dan skrotum dengan cairan antiseptik, pemberian obat penenang jika diperlukan, kemudian dilanjutkan dengan penyuntikan anestesi lokal, yaitu pada kulit skrotum. Setelah semua selesai, dokter akan mulai melakukan pembedahan, bisa dengan teknik konvensional atau teknik tanpa pisau bedah. 

  • Setelah Vasektomi 

Kamu tetap harus memperhatikan beberapa hal, meskipun prosedur vasektomi sudah selesai dilakukan. Pada satu hingga dua jam setelah operasi, efek dari pembiusan mungkin masih terasa. Namun, setelah efek menghilang, mulai muncul gejala seperti nyeri dan bengkak. Hal ini sebenarnya umum terjadi, dan akan menghilang dalam beberapa hari. Kamu bisa meredakannya dan memberi rasa nyaman dengan kompres skrotum menggunakan kantong es. Selain itu, pastikan juga untuk cukup beristirahat setelah menjalani vasektomi. 

Bagikan

0Shares
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X