Tips Berbelanja Makanan Selama Pandemi COVID-19

Berbelanja bahan makanan tetap menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi selama pandemi COVID-19. Mau tidak mau, kamu harus pergi ke pasar maupun supermarket untuk mengisi stok bahan makanan di rumah. Lain halnya bagi orang-orang yang tinggal kos-kosan, tidak adanya dapur membuat anak kos harus pergi ke warung makan atau memesannya lewat aplikasi untuk mencukupi kebutuhan perut.

Baik pergi ke pasar maupun warung makan, keduanya sama-sama membuat kamu rentan tertular COVID-19. Itu alasannya penting untuk selalu mengikuti protokol kesehatan saat memutuskan ke luar rumah. Nah, ada beberapa tips lain yang perlu kamu perhatikan juga saat berbelanja bahan makanan atau membeli makanan dari luar. Apa saja? Simak ulasan berikut.

Tips Berbelanja Bahan Makanan Saat Pandemi

Untuk membantu melindungi diri sendiri, pedagang pasar, karyawan supermarket dan pembeli lainnya saat berbelanja bahan makanan, penting bagi kamu untuk memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Siapkan daftar belanja terlebih dahulu. Supaya tidak berlama-lama berada di tempat umum, kamu perlu menyiapkan daftar belanja terlebih dahulu sebelum pergi ke pasar maupun supermarket. Selain itu, sebaiknya beli bahan makanan untuk 1-2 minggu sekaligus agar kamu tidak terlalu sering pergi ke luar rumah.
  • Jangan lupa untuk mengenakan masker atau face shieldBila perlu kenakan sarung tangan untuk meminimalkan kontak langsung dengan permukaan benda yang mungkin telah terkontaminasi virus. Jangan lupa membawa hand sanitizer.
  • Bawa tas belanja sendiri. Sebaiknya bawa keranjang atau tas belanja sendiri. Pastikan tas tersebut dibersihkan atau dicuci sebelum digunakan.
  • Lakukan physical distancing.Ketika sampai di pasar atau di supermarket, jangan lupa untuk selalu menjaga jarak setidaknya 1-3 meter dengan orang lain.
  • Jauhkan tangan dari wajah. Usahakan tidak menyentuh wajah atau masker dengan tangan secara langsung.
  • Cuci tangan dengan sabun. Sebagian besar supermarket biasanya mengharuskan kamu untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam supermarket. Pastikan kamu mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah dari supermarket selama 20 detik. Bila tidak tersedia, kenakan handsanitizer yang sudah kamu bawa. 
  • Bersihkan makanan. Setelah pulang dari pasar dan supermarket, segera bilas buah, sayuran, ikan dan daging dengan air mengalir. Untuk produk kaleng atau jenis kemasan lainnya, jangan lupa gosok tutupnya dengan kain yang telah disemprot cairan desinfektan. Hindari membersihkan daging, ikan, buah, dan sayuran dengan cairan desinfektan.
  • Simpan dengan baik. Simpan bahan makanan dengan baik sesuai jenisnya. Misalnya, segera simpan daging di dalam freezer dan buah atau sayuran ke dalam chiller. 

Jika kamu terlalu khawatir untuk keluar rumah, kini kamu juga bisa kok berbelanja bahan makanan secara online. Namun, pastikan online shop tersebut menyediakan bahan makanan dengan kualitas terbaik, ya! Jangan lupa segera bersihkan ketika paket berisi bahan makanan yang kamu pesan telah datang. 

Tips Membeli Makanan Siap Saji Saat Pandemi

Nah, bagi kamu yang tinggal indekos dan harus membeli makanan di warung atau memesan online, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan:

  • Pastikan warung makan yang kamu pilih mengutamakan kebersihan, yakni tempat dan peralatan memasak yang digunakan benar-benar bersih. Jika kamu membeli makanan secara online, pastikan tempat makan yang kamu pilih juga mengutamakan kebersihan. Nah, kamu bisa mengetahuinya melalui rating dan review dari orang-orang yang sudah membelinya. 
  • Jangan lupa untuk berjaga jarak saat berada di tempat makan dengan pengunjung lain minimal satu meter. Ketika makanan online mu sudah datang, jangan lupa berjaga jarak juga dengan abang ojol nya ya!
  • Pastikan penjual makanan dan abang ojol menggunakan masker dan sarung tangan.
  • Pilih makanan yang tampak segar atau baru dimasak. 
  • Beli makanan dan segera bawa pulang.

sumber : https://www.halodoc.com/

Bagikan

0Shares
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X