RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia
Jl. Jenderal Soedirman No. 27 Makassar
RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia

Penyebab Mata Terasa Mengganjal dan Berair

Mata bisa terasa mengganjal, meskipun tidak ada sesuatu di dalam mata. Kondisi ini dapat memicu rasa sakit, iritasi, dan produksi air berlebih pada mata.

Mata yang terasa mengganjal dan berair dapat disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan, seperti mata kering, inflamasi pada kelopak mata, dan konjungtivitis.

Ketika tidak diatasi, beberapa kondisi ini dapat memicu masalah kesehatan medis yang lebih serius. Untuk lebih jelasnya, ketahui penyebab mata terasa mengganjal dan berair berikut ini.

Penyebab mata terasa mengganjal dan berair

Disarikan dari Healthline dan Medical News Today, berikut adalah beberapa penyebab mata terasa mengganjal dan berair yang perlu diketahui.

  • Mata kering

Mata kering adalah kondisi di mana mata tidak dapat memproduksi air mata yang cukup. Kondisi ini juga akan terjadi ketika terdapat gangguan pada air mata sehingga memicu perasaan mengganjal di mata dan mata berair.

  • Inflamasi kelopak mata atau blefaritis

Inflamasi pada kelopak mata atau blefaritis umumnya dialami oleh orang-orang dengan masalah kesehatan lainnya, seperti ketombe, rosacea, atau kulit berminyak. Selain membuat mata terasa seperti mengganjal dan berair, kondisi ini juga akan membuat kelopak mata bengkak atau kemerahan.

  • Paparan sinar UV atau fotokeratitis

Paparan sinar UV pada kornea dapat memicu sunburn atau iritasi berlebihan karena cahaya matahari.

kompas.com

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
×
Skip to content