RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia
Jl. Jenderal Soedirman No. 27 Makassar
RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia

Unit Rehab Medik

  • Home
  • Unit Rehab Medik
Unit Rehab Medik

Deskripsi

Rehabilitasi Medik yang saat ini lebih dikenal dengan Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi adalah spesialisasi kedokteran yang berkenaan dengan diagnosa, evaluasi dan tatalaksana pasien yang mengalami disfungsi dan disabilitas fisik dan/kognitif. Fokus utamanya adalah perbaikan fungsi pada orang-orang yang memiliki keterbatasan fungsi Karena bertambahnya usia  dan bertahan hidup setelah mengalami penyakit berat,  serta penyandang  kronik  namun  masih  aktif  dalam aktivitas  fisik.  Layanan Rehabilitasi Medik menyediakan  layanan secara holistik untuk tujuan mengembalikan kemampuan  fungsi yang optimal  atau  kemandirian  agar  mencapai  kualitas  hidup  yang optimal.

Layanan unggulan

Layanan unggulan yang tersedia di Klinik Rehabilitasi Medik menitikberakan pada  latihan  terapeutik baik rehabilitasi kardiorespirasi maupun neuromuskuloskeletal. Nantinya Klinik ini juga  akan dilengkapi  dengan  klinik  kaki dan Gait Training, semua  peralatan terapi dan exercise yang ada sudah terstandarisasi. Tujuan  utama  dari  layanan ini adalah  merancang  latihan  yang  terukur,  aman,  efektif, dan terstruktur bagi setiap pasien.  Saat latihan  pasien  akan  disupervisi  langsung  oleh  dokter SpKFR mulai dari  peresepan latihan, sesi latihan,  uji fungsi, uji  latih  dan  evaluasi  pencapaian latihan yang  telah  dilakukan.

Ruang lingkup Pelayanan

Klinik Rehabilitasi Medik hadir dengan konsep pelayanan “One Gate System” yang terintegrasi dan komprehensif sehingga pasien mendapatkan tatalaksana yang menyeluruh dan optimal baik rawat jalan maupun rawat inap.

Dalam  memberikan pelayanan  Klinik Rehabilitasi  Medik dilengkapi dengan  berbagai Instrumen dan metode pemeriksaan terbaru yang efektif dalam menangani berbagai permasalahan disabilitas.  Fasilitas yang dapat ditemukan dalam klinik ini diantaranya static bicycle,  treadmill,  laser,  vitalstim,  electrotheraphy,  diathermy,  NK Table,  Tilting Table dll.

1. Uji Fungsi Keseimbangan Neuromuskuloskeletal

Terdapat berbagai uji yang  dapat digunakan untuk menilai fungsi keseimbangan seseorang. Dimulai dari uji keseimbangan pada saat posisi tidak bergerak (statis), maupun pada saat tubuh bergerak (dinamis). Penilaian fungsi ini lalu dapat diobservasi, mulai dari fungsi kognisi, fungsi eksekusi gerak, fungsi keseimbangan duduk, sampai dengan uji fungsi seperti uji Sit to Stand, atau uji Time Up and Go. Sehingga demikian, penilaian bertahap yang diterapkan pada klinik ini mampu untuk menilai kemajuan ataupun masalah yang ada sebagai komponen fungsi keseimbangan sepanjang jaras neuromuskuloskeletal yang sesuai, dan memberikan intervensi yang tepat.

2. Uji Fungsi Kapasitas Kardiorespirasi

Penilaian terhadap fungsi kardiorespirasi sangat penting dalam menentukan toleransi tubuh terhadap latihan fisik, karena akan menentukan level aktivitas sehari-hari yang dapat dilakukan oleh pasien secara aman. Kondisi kronik seperti masalah jantung-paru, ataupun kondisi tubuh setelah terserang penyakit berat, akan membutuhkan rekondisi, agar tubuh dapat mencapai fungsi maksimal dalam aktivitas keseharian. Salah satu uji yang aman untuk dilakukan adalah uji jalan 6 menit, yang dapat dilakukan pada sebuah track khusus yang telah tersedia di klinik ini. Hasil dari uji jalan 6 menit akan menunjukkan kapasitas cadangan energi (MET – Metabolic Equivalent) yang dimiliki tubuh sebagai kemampuan untuk melakukan aktivitas tanpa merasa lelah, juga melihat kemampuan tubuh untuk dapat mencapai asupan oksigen yang tertinggi dalam sebuah uji submaksimal (VO2 Max).

Informasi Tentang Rehab Medik Just download brochure...
X