RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia
Jl. Jenderal Soedirman No. 27 Makassar
RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia

5 Langkah Mencegah Obesitas

Obesitas adalah salah satu masalah kesehatan yang saat ini mudah kita temukan disekitar kita. Sebagai salah satu masalah kesehatan, obesitas dapat dikatakan sebagai sebuah jembatan yang mengantarkan berbagai macam penyakit tidak menular (PTM) yang berbahaya untuk bisa menyerang tubuh seseorang.

Melihat hal diatas, maka penting bagi kita untuk lebih memperhatikan dan merubah pola hidup kita menjadi lebih sehat. Karena hanya dengan demikian, berat badan kita akan menjadi lebih ideal, dan meminimalisir potensi terserang penyakit tidak menular yang berbahaya seperti diabetes, penyakit jantung koroner, hingga darah tinggi.

Cara mencegah Obesitas.

Berikut ini adalah tips mencegah obesitas yang perlu diketahui dan dapat dilakukan secara mandiri, diantaranya adalah:

  1. Mengatur pola makan

Mengatur pola makan dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi merupakan hal dasar yang harus dilakukan dalam melakukan diet.

  1. Tidak mengkonsumsi Gula, Garam, Lemak secara berlebihan.

Mengubah Gula, Garam, Lemak secara berlebihan merupakan hal yang dapat menyebabkan seseorang mudah mengalami obesitas. Untuk itu, perbanyak konsumsi buah dan sayur minimal 5 porsi perhari atau setara dengan 450 gram/hari

  1. Rutin melakukan aktivitas fisik

Rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit perhari dapat membantu kita dalam mencegah dan menurunkan berat badan.

  1. Tidak mengkonsumsi rokok dan alkohol.

Berhenti dari perilaku tidak sehat seperti merokok dan minum minuman beralkohol juga menjadi faktor penting untuk menurunkan berat badan.

  1. Konsultasi ke dokter.

Apabila IMT sudah melebihi 27, disarankan untuk bisa melakukan konsultasi ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan panduan dan mendeteksi berbagai potensi penyakit.

Dengan melakukan 5 tips mencegah obesitas diatas, diharapkan mampu memberikan informasi dan himbauan kepada masyarakat mengenai cara menurunkan berat badan yang sehat. Selain itu, juga diharapkan dapat menjadi peringatan kepada masyarakat mengenai bahayanya obesitas bagi tubuh.

Tetap terapkan perilaku hidup sehat dan bersegera dalam melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit akibat obesitas, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin dari tenaga kesehatan.

Sumber : https://promkes.kemkes.go.id/

guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
X