RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia
Jl. Jenderal Soedirman No. 27 Makassar
RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia

5 Tips Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah suatu keadaan yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Tidak hanya pada usia dewasa maupun lansia, insomnia dapat menyerang semua golongan usia. Sehingga dengan demikian, penting bagi kita untuk bersegera dalam mengatasi insomnia.

Akibat insomnia yang berkepanjangan akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti stres, depresi, hingga berbagai kelainan kronis seperti diabetes dan sakit ginjal.

Tips Mengatasi Insomnia

Dalam mengatasi insomnia, terdapat beberapa kebiasaan yang dapat kamu ubah sebelum menggunakan obat insomnia, diantaranya adalah:

  1. Tidur dan bangun dalam periode waktu yang teratur

  2. Makan makanan yang mengandung rendah karbohidrat sebelum tidur

  3. Mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang bersifat stimulan yang dapat membuat kita terjaga, seperti teh, kopi, alkohol dan rokok.

  4. Mandi dengan air hangat 30 menit atau 1 jam sebelum tidur

  5. Berolahraga secara teratur

Pembahasan mengenai perilaku hidup sehat, tidak dapat dilepaskan dari pola tidur yang cukup, sehingga permasalahan tidur seperti insomnia harus mendapatkan penanganan sesegera mungkin, salah satunya dengan mengubah pola kebiasaan sebelum tidur seperti yang telah disebutkan diatas.

Tetap terapkan perilaku hidup sehat dan segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat apabila gejala insomnia atau insomnia tidak kunjung sembuh, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat.

guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
X