RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia
Jl. Jenderal Soedirman No. 27 Makassar
RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia

Tips Berhenti Merokok dengan S.T.A.R.T

Merokok merupakan salah satu perilaku yang tidak hanya membahayakan diri sendiri, namun juga orang yang berada disekitarnya yang dikenal dengan perokok pasif. Rokok menyebabkan berbagai penyakit mematikan seperti hipertensi, kanker, hingga penyakit jantung koroner. Berhenti merokok merupakan hal yang baik untuk kesehatan tubuh.

Namun demikian, berhenti dari kecanduan merokok secara seketika bukanlah hal yang mudah, banyak orang yang memerlukan waktu dan berhenti secara bertahap dari kegiatan yang tidak sehat tersebut.

Berikut ini adalah tips S.T.A.R.T untuk berhenti merokok yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi kecanduan rokok, diantaranya adalah:

  1. Set = Tetapkan tanggal mulai berhenti

  2. Tell = Beritahukan kepada seluruh lingkungan sehari-hari seperti keluarga dan teman untuk mendukung

  3. Anticipate = Antisipasi dan kenali waktu timbulnya keinginan untuk merokok dan buat rencana untuk menghadapinya

  4. Remove = Jauhkan rokok dari jangkauan anda dan buanglah berbagai peralatan yang dapat mengundang ajakan untuk merokok.

  5. Talk = Konsultasikan ke layanan upaya berhenti merokok yang telah disediakan oleh Kementerian Kesehatan melalui 0 800 177 6565 atau juga dapat melakukan konsulatasi di klinik UBM terdekat.

Tips berhenti merokok diatas, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menghentikan diri dari kecanduan untuk merokok.

Tetap terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit akibat rokok, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin.

 

Review: Astasari

Sumber : https://promkes.kemkes.go.id/

guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
X