RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia
Jl. Jenderal Soedirman No. 27 Makassar
RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia

Anak Demam, Baiknya Kompres Hangat atau Dingin? Ini Kata Dokter

  • Home
  • umum
  • Anak Demam, Baiknya Kompres Hangat atau Dingin? Ini Kata Dokter

Anda pasti khawatir saat si kecil tiba-tiba demam tinggi. Bukan rahasia lagi pertolongan pertama yang diberikan saat si kecil demam tentunya dengan mengompresnya.

Tindakan mengompres akan membantu menurunkan suhu anak selain memberikan obat. Tapi, masih sering jadi pertanyaan, baiknya si kecil kompres menggunakan air hangat atau air dingin?

Tentu hal ini menjadi dilema tersendiri bagi orang tua. Untuk menjawab pertanyaan ini dr. Ary Andri S dalam salah-satu unggahan di TikTok memberikan tanggapan.

“Mana sih yang lebih disarankan memberikan kompres dingin ataukah kompres hangat ketika anak sedang demam,” kata dr Ary dikutip Senin (4/8/2023)

Pemberian kompres dingin menurut dr Ary berkaitan erat dengan hukum fisika. Panas suatu benda dapat pindah ke benda lainnya. Sehingga, dengan hukum ini kompres dingin dijadikan sebagai pilihan orang tua.

“Mungkin bagi temen temen yang sering memberikan kompres dingin berpegangan pada hukum fisika yang mana panas dari suatu benda dapat berpindah ke benda yang lainnya maka dari itu ketika memberikan kompres dingin kita berharap panas dari tubuh anak akan berpindah kekain dingin tersebut sehingga suhu tubuh anak akan turun,” sambungnya.

Tetapi nyatanya kompres dingin dapat menyebabkan gangguan lain. Ketika kain dingin kata dr Ary menyentuh kulit anak, akan membuat hipotalumus keliru memberika perintah.

Bukannya panas akan turun, tetapi adanya benda dingin tersebut malah membuat hipotalumus menaimman suhu tubuh anak. Akibatnya si anak akan menggigil.

 

from:https://fajar.co.id/

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
×
Skip to content