RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia
Jl. Jenderal Soedirman No. 27 Makassar
RSAD TK II PelamoniaRSAD TK II PelamoniaRSAD TK II Pelamonia

Makanan Yang Menjadi Pantangan Ambeien dan Kebiasaan Buruk yang Perlu Dihindari

  • Home
  • kesehatan
  • Makanan Yang Menjadi Pantangan Ambeien dan Kebiasaan Buruk yang Perlu Dihindari

Pantangan bagi orang ambeien bukan hanya sekadar konsumsi makanan pedas ataupun makan makanan yang rendah serat. Akan tetapi, beberapa kebiasaan yang Anda lakukan saat BAB juga yang perlu dihindari agar tak memperburuk wasir. Ambeien atau wasir merupakan salah satu penyakit yang umum dialami. Pembengkakan pembuluh darah di anus atau rektum ini adakalanya menimbulkan nyeri yang sangat mengganggu. Untuk mengatasi wasir di rumah, ada beberapa pantangan ambeien yang sebaiknya Anda ketahui.

Pantangan ambeien yang perlu diikuti ini terdiri atas beberapa jenis makanan hingga kebiasaan buruk yang dapat memperparah kondisi wasir.

Makanan pantangan ambeien yang sebaiknya dibatasi

Makanan dapat menjadi faktor yang membuat wasir atau embeien anda menjadi parah. Berikut ini beberapa kelompok makanan pantangan ambeien yang harus dibatasi asupannya agar tak menyebabkan nyeri berkepanjangan:

1. Makanan rendah serat

Makanan yang mengandung sedikit serat dapat menyebabkan sembelit atau konstipasi, sehingga juga memperburuk wasir atau ambeien. Untuk itu, disarankan untuk mengurangi asupan makanan rendah serat, seperti:

  • Daging
  • Roti putih
  • Susu, keju, dan produk susu lain

2. Makanan yang tinggi garam

Terlalu banyak garam dapat menyebabkan tubuh menahan air untuk melarutkannya. Ekstra air tersebut akan meningkatkan volume darah dan memberi tekanan lebih pada pembuluh darah. Tekanan tinggi ini termasuk pada pembuluh darah di bagian bawah tubuh yang menyebabkan ambeien.

3. Makanan olahan

Makanan olahan, seperti makanan beku dan makanan cepat saji, juga menjadi pantangan ambeien yang patut untuk di hindari. Makanan olahan juga sangat mungkin mengandung kadar garam yang tinggi.

4. Suplemen zat besi

Suplemen zat besi berisiko memicu sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Sebelum mengonsumsi suplemen ini, Anda tentu harus berkonsultasi dulu dengan dokter.

5. Makanan pedas

Makanan pedas juga menjadi salah satu pantangan ambeien yang perlu dihindari. Meski belum tentu rendah serat, makanan pedas bisa meningkatkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada penderita wasir.

Apalagi, bagi sebagian orang makanan pedas juga bisa memicu buang air besar terus-menerus. Kondisi ini akan menambah rasa buang air besar yang tidak nyaman pada penderita ambeien.

6. Makanan atau minuman yang beralkohol dan mengandung kafein

Pantangan makanan untuk wasir selanjutnya adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi alkohol serta kafein. Minuman tinggi kafein, seperti kopi dapat membuat feses jadi lebih keras sehingga lebih sulit dikeluarkan saat BAB. Hal ini juga berlaku untuk alkohol. BAB yang keras akan menambah rasa sakit serta tidak nyaman pada penderita ambeien.

Berbagai kebiasaan yang harus dihindari penderita ambeien (wasir)

Selain makanan, ada kebiasaan-kebiasaan yang juga harus dihindari agar tidak memperburuk ambeien.

Beberapa hal yang pantang dilakukan oleh penderita wasir, antara lain:

1. Mengejan saat buang air besar

Salah satu hal yang harus dihindari oleh orang dengan ambeien adalah mengejan saat buang air besar.

Mengejan dan memaksakan diri saat buang air besar dapat memperburuk wasir karena dapat semakin membuat pembuluh darah melebar. Jika feses tidak bisa keluar setelah 2 menit, maka anda sangat disarankan untuk mencoba buang air besar lagi nanti.

2. Berlama-lama di toilet

Ritual buang air besar mungkin dapat menjadi ritual me time bagi beberapa orang. Padahal, ini jadi salah satu pantangan bagi mereka yang memiliki ambeien. Walau riset terkait hal ini masih berlanjut, para ahli telah mencurigai adanya korelasi duduk berlama-lama di toilet dengan ambeien.

3. Menunda atau menahan buang air besar

Orang dengan ambeien atau wasir sebaiknya tidak menunda apalagi sampai menahan buang air besar. Karena saat menunda buang air besar, usus akan menyerap air lebih banyak dari feses sehingga feses jadi lebih kering.

Hal ini akan menyebabkan BAB keras karena feses jadi lebih sulit dikeluarkan.

4. Malas berolahraga

Bagi orang ambeien sangat dianjurkan berolahraga untuk menjaga kesehatan. Jadi, malas berolahraga atau kurang aktivitas fisik jadi salah satu pantangan yang wajib dipatuhi penderita wasir.

Sebab, cara mengatasi sembelit yang berpotensi memicu wasir salah satunya adalah dengan berolahraga. Olahraga membantu memicu gerakan usus sehingga feses jadi lebih mudah keluar.

Selain itu, olahraga juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan berlebih yang mungkin berkontribusi meningkatkan risiko terjadinya wasir.

5. Membersihkan anus dengan produk berpewangi

Beberapa individu mungkin membersihkan anus menggunakan sabun setgelah buang air besar. Namun, jika menderita ambeien, kebiasaan ini sebaiknya dihindari, terutama saat ambeien menimbulkan rasa sakit.

Ini karena produk yang mengandung pewangi bisa meningkatkan risiko kulit di sekitar anus menjadi kering dan mengiritasi ambeien. Hal ini bisa menyebabkan wasir akan terasa semakin sakit.

Sumber: https://www.sehatq.com/artikel/pantangan-penyakit-ambeien

guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
2023